PENGAJIAN APIP's BATIK RABU PON 25 OKTOBER 2017

 

 

 Ustadz Mahdi dari Magelang memberikan taushiah di pengajian Rabu Pon 25 Oktober 2017, Jalan Pandega Martha  Yogyakarta.

Selengkapnya: PENGAJIAN APIP's BATIK RABU

PENGAJIAN APIP's BATIK RABU PON 16 AGUSTUS 2017

 

 

 

 

Ustadz Koko Martin bertausiah yang diikuti Jamaah dengan hidmat dan khusu

Selengkapnya: PENGAJIAN APIP

 

 

Selanjutnya, kami sajikan makalah yang ke 3 yaitu sebagai berikut …silahkan diikuti ..!

MENGENAL LEBIH MENDALAM SOSOK LAKSAMANA CHENG HOO

Drs. Sulaiman Gosalam, M.Si

Cheng Hoo/Cheng Ho atau Zheng He (Hanzi tradisional: Hanzi sederhana: Hanyu Pinyin: Zheng He, Wade Giles: Cheng Ho; nama asli: Hanyu Pinyin: Ma San Bao; nama Arab: Haji Mahmud Shams) (1371-1433), adalah seorang pelaut dan penjelajah Tiongkok terkenal yang melakukan beberapa penjelajahan antara tahun 1405 hingga 1433.

BIOGRAFI

Cheng Ho adala seorang kasim Muslim yang menjadi orang kepercayaan Kaisar Yong Le dari Tiongkok (berkuasa tahun 1403-1424), kaisar ketiga dari Dinasti Ming.

Nama kecilnya adalah Ma He, juga dikenal dengan sebutan Ma San Bao/Sam Po Bo, yang lahir tahun Hong Wu ke 4 (1371 M) merupakan anak ke 2 dari pasangan Ma Ha Zhi dan Wen (kedua orang tua dan leluhurnya sudah Muslim sejak awal Islam masuk ke Tiongkok lewat "Jalan sutera" yang dibawa oleh Sa'ad bin Waqqas) berasal dari provinsi Yunan, ia dilahirkan di Desa He Dai, Kabupaten Kun Yang.

Ketika pasukan Ming menaklukkan Yunan, Cheng Ho ditangkap dan kemudian dijadikan orang kasim (supaya #saingan Kaisar). Ia adalah seorang bersuku Hui, suku bangsa yang secara fisik mirip dengan suku Han, suku Hui kebanyakan adalah pendekar, jago silat dan pedang, namun beragama Islam. Makanya agama Islam dalam bahasa Mandarin disebut "Hui Jiao".

Sejak tahun 1368, kekaisarana Tiongkok mengalami kemunduran karena jatuhnya Dinasti Mongol. Dengan keberaniannya, Cheng Ho menawarkan diri buat melakukan perjalanan ke berbagai penjuru dunia untuk mengembalikan kejayaan Tiongkok. Niat Cheng Ho ini disambut rasa bangga dan terharu dari sang kaisar.

Selengkapnya: SOSOK LAKSAMANA CHENG HOO